Senin, 14 Juni 2010

Tekuk Kamerun, Jepang Tempel Belanda

Keisuke Honda

Lewat gol tunggal Keisuke Honda, Jepang sukses mengikuti Korea Selatan sebagai wakil Asia yang sukses menang di laga perdananya. Menghadapi Kamerun dalam laga babak penyisihan Grup E Piala Dunia, Senin (14/6) di Free State stadium, Jepang tampil rapih dan mampu mengimbangi permainan Kamerun yang dalam laga ini tak tampak memaksimalkan kelebihan fisik mereka.

Hasil ini menempatkan Jepang di peringkat dua klasemen sementara Grup E di bawah Belanda yang di laga beberapa jam sebelumnya menang 2-0 atas Denmark. Sementara Kamerun dan Denmark karena kalah harus puas berada di posisi ketiga dan empat.

Jalan pertandingan

Terlihat dari babak pertama dimulai, kedua tim masing-masing coba memaksimalkan serangan lewat sektor sayap, terutama Jepang.

Di seperempat jam pertama Kamerun lebih sering melancarkan tekanan ke pertahanan Jepang. Namun usaha anak buah Paul Le Guen ini berhasil ditangkal oleh barisan belakang Jepang.

Menit ke-20, kesalahan dilakukan kiper Kamerun Suleymanou Hamidou ketika mencoba menangkap bola silang yang dilepas pemain Jepang dari sayap kanan. Bola terlepas dan mengarah ke Keisuke Honda. Namun keadaan selanjutnya berhasil dikuasai Hamidou.

Delapan menit menuju jeda, Kamerun memiliki peluang. Tendangan datar Eyong Enoh berhasil ditangkap oleh Eji Kawashima.

Kebuntuan pecah di menit ke-38. Umpan silang Daisuke Matsui dari sayap kanan diarahkan ke tiang jauh. Di sana Keisuke Honda yang berdiri tanpa mendapatkan kawalan ketat berhasil melepaskan eksekusi yang merobek gawang Kamerun. 1-0 Jepang memimpin.

Tiga menit babak kedua dibuka, aksi Samuel Eto’o yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Jepang berhasil melewati kawalan para pemain Samurai Biru. Striker Inter Milan itu selanjutnya melepas umpan ke kotak penalti yang disambar Macim Choupo-Moting. Namun usahanya masih gagal menembus gawang tim wakil Asia.

Menit ke-55, Choupo-Moting kembali melancarkan serbuan ke arah gawang Jepang. Kali ini tendangan yang dilepas pemain bernomor punggung 13 itu dari luar kotak penalti juga masih melenceng dari sasaran.

Setelahnya Kamerun lebih mendominasi permainan. Namun Indomitable Lions menemui kesulitan menembus pertahanan Jepang.

12 menit menjelang bubaran, wakil Afrika kembali menghadirkan ancaman. Bola tendangan bebas Geremi dari sisi kiri pertahanan Jepang, meluncur ke kotak penalti. Si kulit bundar berhasil dihalaui Eji Kawashima.

Hasebe! Kapten Jepang ini melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang memaksa Souleymanou menjatuhkan diri untuk menghalau bola. Selamatlah gawang Kamerun.

Gawang Jepang berada dalam tekanan lima menit menuju bubaran. Sepakan keras Stephane Mbia berhasil gagal dijangkau oleh Kawashima, tapi bola masih membentur mistar. Selanjutnya serbuan Achille Emana masih bisa ditangkap oleh Kawashima.

Semenit berselang, Souleymanou hampir melakukan kesalahan saat menghadang tendangan Honda. Jabulani sempat terlepas dari tangkapannya namun beruntung bola tak bergulir masuk gawang.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik