Minggu, 13 Juni 2010

Heinze Pastikan Tiga Poin Argentina


Liputan6.com, Johannesburg: Lionel Messi sekali lagi tidak bisa memberikan performa terbaik ketika membela Argentina. Memiliki sejumlah peluang, Messi gagal mencetak gol. Gabriel Heinze menjadi pahlawan lewat gol semata wayangnya ke gawang Nigeria yang memberi Albiceleste kemenangan 1-0 di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Sabtu (12/6).

Argentina turun dengan formasi menyerang, pun demikian dengan Nigeria. Memasuki menit keempat Gonzalo Higuain memiliki peluang mutlak, tapi umpan manis Lionel Messi gagal dimaksimalkan striker Real Madrid tersebut. Barulah pada menit keenam Argentina memimpin. Dari tendangan penjuru setelah aksi Messi dipatahkan kiper Vincent Enyeama, Heinze yang berdiri bebas melepaskan sundulan ke pojok gawang. Argentina memimpin 1-0.

Messi kembali mengancam pada menit ke-18, tapi kembali Enyeama mampu meredamnya. Tiga menit kemudian giliran Higuain yang membuang kesempatan menggandakan keunggulan. Berulang kali Messi dkk mendapatkan peluang, tapi tetap saja Argentina tidak mampu menambah keunggulan. Penampilan brilian Enyeama dan kurang tenangnya penyelesaian akhir membuat skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, “Elang Super” Nigeria mencoba bangkit. Pelatih Lars Lagerback menembah daya serang dengan memasukkan Obafemi Martins dan diikuti kemudian oleh aktifnya Peter Odemwingie. Nigeria mulai mengimbangi permainan Argentina dan memberi ancaman ke gawnag yang dijaga Sergio Romero.

Di paruh kedua ini keberuntungan tidak juga memihak ke Messi. Enyeawa kembali beberapa kali menggagalkan peluang pemain terbaik dunia tersebut. Satu peluang di menit ke-65, sepakan Messi melebar saat berusaha menuntaskan serangan balik tim. Memasuki 15 menit terakhir Nigeria yang memegang kendali.

Berulang kali mereka mengancam, tapi tidak juga membuahkan hasilnya. Peluang terbaik yang dimiliki Nigeria berasal dari sepakan Taye Taiwo yang melenceng dan tendangan keras Martins yang diblok Romero. Melihat gelagat tersebut Maradona melakukan pergantian dengan lebih mengutamakan pemain bernaluri bertahan. Hingga pertandingan usai skor tetap 1-0 untuk Argentina.

Berkat kemenangan ini Argentina menguntit Korea Selatan yang sama-sama mengoleksi tiga poin di puncak klasemen Grup B. Korsel hanya unggul selisih gol setelah sebelumnya mengalahkan Yunani 2-0. Di pertandingan berikut, Argentina bertemu Korsel pada 17 Juni. Dan di hari yang sama Nigeria dan Yunani wajib meraih kemenangan jika tidak ingin tersingkir sejak dini.

Susunan pemain:
Argentina: Romero; Jonas Gutierrez (kk), Demichelis, Samuel, Heinze; Veron (Maxi Rodriguez 74), Mascherano, Di Maria (Burdisso 85); Tevez, Messi, Higuain (Milito 79).
Nigeria: Enyeama; Odiah, Yobo, Shittu, Taiwo (Uche 75); Kaita, Etuhu, Haruna (kk), Ogbuke Obasi (Odemwingie 60); Yakubu, Obinna (Martins 52).
Wasit: Wolfgang Stark (Jerman).
(DIM)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik