Minggu, 13 Juni 2010

Review: Keunggulan Tipis Tango + Statistik laga

Gabriel Heinze (c) AFP

Bola.net - Menghadapi wakil Afrika, Nigeria, ternyata tim Tango Argentina hanya bisa unggul tipis 1-0 saja, gol cepat Gabriel Heinze akhirnya menjadi pembeda hasil akhir laga di stadion Ellis Park, Sabtu (12/06).

Argentina memulai laga dengan menurunkan trio terbaiknya di lini depan, Tevez, Higuain, di sokong Messi di belakangnya sementara Nigeria mengandalkan formasi yang juga sama 4-3-3 namun dengan striker tunggal di ujungnya, dengan menempatkan striker Yakubu Aiyegbeni.

Peluang pertama justru di dapat oleh Nigeria, dari sisi kiri pertahanan tim Tango striker Nigeria, Obasi, menusuk, dengan segera ia melepaskan tembakan keras namun belum menemui sasaran karena masih melebar.

Argentina langsung membalasnya sesaat kemudian, Messi menerobos dan membongkar lini belakang Tim Elang Super melewati hadangan empat bek lawan, namun umpannya ke tengah disontek Higuain secara tak terarah, alhasil peluang masih menyamping dari gawang.

Tango tampil menakutkan trisula mereka menghadirkan kengerian, kali ini kerja sama Tevez dan Messi hampir membuat unggul, sepakan deras Messi mampu ditepis sempurna oleh kiper Nigeria, tendangan sudut untuk Tango.

Dari corner kick yang diambil Juan Sebastian Veron, Argentina berhasil unggul satu kosong, setelah Gabriel Heinze menjatuhkan diri sambil menanduk bola, laju yang deras ke sudut kanan atas kiper Nigeria tak terbendung, Tango memimpin 1-0 di menit ke-6.

Menit ke-20 Higuain yang berada di sisi kanan menerima umpan terobosan dari Tevez hampir menambah keunggulan Argentina, sayangnya tembakan kerasnya masih membentur kiper Nigeria.

Sebelum turun minum Messi nyaris mencetak gol, namun penyelamatan kiper Enyeama yang luar biasa menggagalkannya, tembakan melengkung Messi dari sisi kanan yang sudah pasti masuk ditepisnya secara brilian, penyelamatan dua jempol dari Enyeama menutup babak pertama.

Babk kedua kembali berlanjut namun kali ini Argentina seolah sengaja menurunkan tempo, mereka cenderung lambat dalam memainkan bola, meski begitu peluang kembali didapat Messi saat menyambut umpan silang Juan Veron, sayangnya bola yang mengenai kaki Messi secara tipis masih tipis menyamping dari tiang gawang Nigeria.

Sementara Nigeria dalam membangun serangan lebih mengutamakan serangan bola-bola atas melalui umpan silang, mereka cenderung kesulitan jika harus berduel dengan bek-bek Tango yang disiplin.

Di pertengahan babak kedua tim Tango kembali mendapat kesempatan emas, Tevez berhasil mencuri bola dan menyusun serangan balik cepat ke lini pertahanan Nigeria, empat pemain Tango berhadapan dengan dua bek Nigeria. Tevez memberikannya pada Messi di sisi kiri dengan mengontrol bola lalu melepaskan tendangannya, namun bola masih menyamping sedikit dan belum menemui sasaran.

Sementara Nigeria sempat membalas dengan tiga peluang matang, masing-masing dari Obafemi Martins, Uche, serta Yakubu, namun hanya peluang Martins yang mengarah ke gawang meski bola masih bisa ditepis kiper Tango, Sergio Romero, sementara dua peluang lain sama-sama melebar.

Hingga wasit meniup peluit panjang ternyata tidak lagi ada gol yang bisa tercipta, gol cepat Heinze di menit keenam ternyata menjadi satu-satunya gol di laga ini, dengan ini Argentina menempati posisi kedua klasemen sementara Grup B, di bawah Korsel yang juga mengumpulkan poin 3 namun unggul selisih gol.

Berikut Data Statistik Laga:

(bola/lex)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik