Rabu, 16 Juni 2010

Swiss Jungkalkan Spanyol


Liputan6.com, Durban: Kejutan besar terjadi di hari kelima Piala Dunia 2010. Juara Eropa yang merupakan salah satu favorit kuat juara, Spanyol, di luar perkiraan banyak orang dibekuk Swiss. Kemenangan 1-0 anak-anak asuhan Vicente Del Bosque di Stadion Moses Mabhida, Durban, dipastikan gol semata wayang Gelson Fernandes.

Begitu kick-off babak pertama, Spanyol langsung mengambil inisiatif serangan. Akan tetapi La Furia Roja kesulitan membongkar pertahanan Swiss yang digalang Philippe Senderos. David Villa yang yang bermain seorang diri di depan tidak mampu menuntaskan peluang saat sudah berhadapan dengan kiper Swiss Diego Benaglio.

Tapi penyelesaian Villa terburu-buru dan sepakan cungkilannya tidak terarah. Satu peluang Spanyol lainnya diperoleh Gerard Pique pada menit ke-24. Namun upaya bek Barcelona itu digagalkan dengan tenang oleh Diego Benaglio.

Swiss sendiri sejatinya turun dengan formasi standar yang tidak mencerminkan akan menumpuk pemainnya di barisan belakang. Satu peluang yang membikin Iker Casillas lintang pukang datang dari tendangan bebas Reto Ziegler yang mengarah ke pojok gawang. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Spanyol menaikkan tempo permainan di babak kedua dan mengurung pertahanan Swiss. Di saat keasyikan menyerang, Swiss menghentak. Serangan balik di menit ke-52 membuahkan gol yang diselesaikan Gelson Fernandes. Swiss memimpin 1-0.

Pelatih Vicente Del Bosque mengubah skema kembali ke 4-4-2 dengan memasukkan Fernando Torres dan Jesus Navas. Serbuan Spanyol kian gencar namun peluang yang dimiliki Iniesta dan Torres tidak mampu menyamakan kedudukan. Kesempatan emas Spanyol menyamakan kedudukan gagal ketika sepakan jarak jauh Xabi Alonso menerpa mistar gawang di menit ke-70.

Serangan balik di menit ke-74 hampir saja menambah keunggulan Swiss yang sepakan Eren Derdiyok hanya menerpa tiang gawang. Tiga menit kemudian Spanyol semakin dirundung duka ketika cedera yang diderita Iniesta kambuh sehingga harus ditarik keluar. Pedro Rodriguez masuk yang artinya menambah jumlah penyerang. Akan tetapi serangan yang dibangun Spanyol tidak ada yang mampu menyamakan kedudukan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:
Spanyol: Casillas; Pique, Puyol, Capdevila, Sergio Ramos, Iniesta (Pedro 77), Xavi, Alonso, Busquets (Torres 62), Silva (Navas 62); Villa.
Cadangan: Valdes, Reina, Albiol, Marchena, Arbeloa, Fabregas, Javi Martinez, Mata, Llorente.
Swiss: Benaglio (kk); Lichtsteiner, Senderos (Von Bergen 36), Grichting (kk), Ziegler (kk), Huggel, Barnetta (Eggiman 90), Inler, Fernandes, Nkufo, Derdiyok (Yakin 79 (kk)).
Cadangan: Wolfli, Leoni, Magnin, Padalino, Schwegler, Shaqiri, Bunjaku.
Wasit: Howard Webb (Inggris).
(DIM)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik