Sabtu, 19 Juni 2010

Tekuk Jerman, Serbia Retas Jalan


Liputan6.com, Port Elizabeth: Serbia, sebagai sebuah negara yang berdiri sendiri, untuk pertama kalinya memetik kemenangan di Piala Dunia. Mengalahkan Jerman yang bermain minus satu pemain dengan kedudukan 1-0 pada laga kedua Grup D di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, Jumat (18/6), Serbia membuka peluang lolos ke babak 16 besar.

Jerman sejatinya lebih mendominasi jalannya permainan sejak babak pertama dimulai. Tapi, setelah Miroslav Klose menerima kartu kuning kedua di menit ke-37, arah angina berubah. Serbia langsung memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Satu berselang Milan Jovanovic meneruskan umpan sundulan Nikola Zigic untuk menjebol gawang yang dijaga Manuel Neuer.

Meski bermain dengan 10 pemain, Jerman masih mampu memberi perlawanan seimbang. Memasuki injury time babak pertama Jerman mengancam gawang lawan melalui tembakan keras Sami Khedira dari luar kotak penalti. Sayang sepakn itu hanya menerpa mistar gawang. Hingga turun minum, Serbia mampu mempertahankan keunggulan 1-0.

Di babak kedua Jerman kembali bisa memberi perlawanan. Bastian Schweinsteiger melepaskan tembakan keras terukur dan bisa diblok Vladimir Stojkovic. Dua kali Lukas Podolski memberi ancaman ke gawang Serbia, tapi striker yang dominan menggunakan kaki kiri itu membuangnya. Satu jam bermain Jerman mendapat hadiah penalti akibat Nemanja Vidic dengan segaja menyentuh bola dengan tangannya.

Penalti diambil Podolski dan bisa dibaca kiper Stojkovic. Peluang emas yang terbuang sia-sia. Pada menit ke-67 giliran Serbia yang nyaris menggandakan kemenangan. Tapi sundulan striker jangkung Nikola Zigic hanya tipis menerpa mistar bagian atas. Setelah momen menegangkan itu tempo permainan menurun.

Pelatih Jerman Joachim Loew coba menyegarkan skuadnya di lapangan dengan memasukkan Cacau dan Marko Marin. Akan tetapi upaya itu tidak membuahkan hasil. Pun demikian dengan dimainkannya Mario Gomez. Hingga wasit meniup peluit panjang kedudukan tetap 1-0 milik Serbia.

Berkat kemenangan ini Serbia memiliki poin tiga atau jumlah yang sama seperti koleksi Ghana yang bermain melawan Australia besok atau Minggu dini hari WIB. Jerman untuk sementara masih memimpin Grup D juga dengan tiga poin, namun unggul selisih gol.

Susunan pemain:
Jerman: Neuer; Friedrich, Badstuber (Gomez 77), Lahm (kk), Mertesacker; Khedira (kk) Ozil (Cacau 70); Podolski, Klose (kk, km), Muller (Marin 70).
Serbia: Stojkovic; Kolarov (kk), Vidic (kk), Ivanovic (kk), Subotic (kk), Stankovic, Jovanovic (Lazovic 79), Krasic, Ninkovic (Kacar 69), Kuzmanovic (Petrovic 75); Zigic.
Wasit: Alberto Undiano Mallenco (Spanyol).
(DIM)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik