Kamis, 17 Juni 2010

Gulung Afsel, Uruguay Perlebar Kans


Liputan6.com, Pretoria: Uruguay memperlebar jalan ke babak perdelapan final setelah menggulung Afrika Selatan 2-0 (1-0) pada laga kedua di Grup A, Rabu (16/6) atau Kamis dini hari WIB. Dua gol La Celeste di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, di antaranya dihasilkan Diego Forlan. Satu gol lainnya dibukukan Alvaro Pereira.

Ambisi pelatih Uruguay Oscar Tabarez untuk meraup poin penuh, dengan menurunkan tiga penyerang, berbuah manis. Strategi itu berjalan baik. Uruguay lebih banyak menekan pertahanan tuan rumah. Satu menit setelah Khune menghalau tendangan Luis Suarez, atau pada menit ke-24, Bafana Bafana terhenyak.

Tembakan Forlan dari luar kotak penalti begitu mengesankan. Khune tidak bisa menjangkau bola yang sempat mengenai tipis mistar gawang bagian dalam. Uruguay hampir saja menyamakan kedudukan ketika tembakan Luis Suarez pada menit ke-33 mengenai jala samping. Serangan Afsel, dari empat kali percobaan, tidak ada yang merepotkan kiper Fernando Muslera.

Afsel keluar menyerang begitu babak kedua dimulai membuat permainan jadi lebih menarik. Carlos Alberto Parreira, pelatih Afsel, menyegarkan skuadnya dengan memasukkan Surprise Moriri di menit ke-57. Setelah gagal dalam menyamakan kedudukan, Afsel tertohok pada menit ke-76. Khune diganjar kartu merah langsung akibatprofessional foul mengganjal Luis Suarez yang berpeluang besar menciptakan gol.

Steven Pienaar dikorbankan untuk memasukkan kiper baru, Moeneeb Josephs. Eksekusi penalti sempurna dijalankan Forlan yang mengantar Uruguay unggu 2-0 pada menit ke-80. Setelah ketinggalan dua gol dan kehilangan satu pemain, peluang Afsel untuk mengantongi poin dari pertandingan ini praktis sirna.

Uruguay tidak puas juga. Alvaro Pereira melengkapi penderitaan Afsel lewat golnya di injury time. Tak pelak gol tersebut menjadi penutup kemenangan telak untuk Uruguay.

Berkat kemenangan tersebut Uruguay mengumpulkan empat poin dan memimpin klasemen Grup A. Uruguay tinggal membutuhkan satu poin melawan Meksiko di partai terakhir untuk melangkah ke babak selanjutnya, sedangkan Afsel harus mau tidak mau wajib meraih kemenangan saat bertemu Prancis di partai pemungkas grup.

Susunan pemain:
Afrika Selatan: Khune (km); Gaxa, Masilela, Khumalo, Mokoena, Letsholonyane (Moriri 57), Dikgacoi (kk), Pienaar (kk) (Josephs 80), Modise, Tshabalala, Mphela.
Uruguay: Muslera; Lugano, Godin, Fucile (Alvaro Fernandez 71), Pereira, Perez (Gargano 90), Arevalo, Cavani (Sebastian Fernandez 90), Pereira, Suarez, Forlan.
Wasit: Massimo Busacca (Swiss).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hi there, yup this post is truly nice and I have learned lot of things
from it about blogging. thanks.

Take a look at my homepage ... best cellulite treatment

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik