Rabu, 16 Juni 2010

Reid Menghapuskan Kemengangan Slovakia


Liputan6.com, Rustenburg: Dramatis. Sundulan defender Winston Reid di menit terakhir injury time menyelamatkan Selandia Baru dari kekalahan menghadapi Slovakia di laga penyisihan Grup F PD 2010 yang berlangsung di Royal Bafokeng Stadium, Rustenburg, Selasa (15/6). Sebelumnya,Repre, julukan Slovakia, unggul terlebih dahulu, uniknya gol pun tercipta lewat sundulan, melalui heading striker Robert Vittek ketika babak kedua memasuki menit kelima. Dengan demikian kedua tim sama-sama mengumpulkan satu angka, poin pertama bagi All Whites sepanjang kiprahnya di Piala Dunia.

Awalnya, Selandia Baru tampil cukup mengejutkan dan mampu mengimbangi permainan Slovakia yang di babakplay-off melibas tim yang lebih difavoritkan, Rusia. Tampil di bawah angin yang bertiup cukup kencang, 7,5 meter per detik, dalam 20 menit pertama, skuad asuhan Ricki Herbert tampil penuh percaya diri dan menguasai jalannya pertandingan. Memasuki menit keempat gawang Slovakia sudah terancam. Striker Middlesbrough, Chris Killen memenangi duel di udara dengan Martin Skrtel. Sayang, sundulannya pas di pelukan kiper Jan Mucha.

Kebangkitan Slovakia ditandai dengan tendangan kapten tim Marek Hamsik yang masih melebar. Perlahan, Hamsik dkk mulai mengambil alih jalannya pertandingan. Peluang pertama bagi skuad asuhan Vladimir Weiss tercipta di menit ke-27. Bermula dari kerja sama yang manis antara Weiss Jr dan striker Stanislav Sestak. Sayang, tembakan Sestak masih menyamping di sisi kiri gawang.

Di menit ke-32, kiper Mark Paston nyaris membuat blunder. Tendangannya tak sempurna, alhasil bola diserobot Robert Vittek. Beruntung bagi All Whites, sepakan bomber Lille itu pun sama tak akuratnya. Lima menit kemudian, Selandia Baru membalas lewat tembakan kaki Shane Smeltz yang dapat ditepis kiper mucha. Tiga menit sebelum jeda, berawal dari set-piece, tendangan Hamsik dari luar kotak penalti masih dapat ditepis Paston. Skor 0-0 sampai jeda.

Di babak kedua, giliran Repre yang memegang kendali permainan. Tak sampai lima menit, Slovakia unggul 1-0. Berawal dari umpan silang Sestak, sundulan Vittek yang lolos dari kawalan Winston Reid terarah ke pojok kanan gawang tak mampu dijangkau kiper Paston. Di menit ke-64, tendangan Hamsik yang mendapat sodoran dari Sestak melambung tinggi di atas mistar gawang.

Sejak menit ke-65, Slovakia mengendurkan tekanan dan lebih menunggu Selandia Baru menyerang. Tampak Hamsik dkk berkonsentrasi melakukan serangan balik. Di menit ke-69, berawal dari counter-attack, gawang Paston terancam. Sestak yang giat melakukan terobosan di sektor sayap menyodorkan umpan kepada Vittek di kotak terlarang. Sayang, sontekan Vittek dapat diblok Reid.

Di menit-menit akhir pertandingan, Selandia Baru sporadis memborbadir pertahanan Slovakia. Di menit ke-88, sundulan Smeltz masih melebar dari gawang. Upaya tak kenal lelah dari skuad Herbert akhirnya membuahkan hasil ketika pertandingan tinggal tersisa 30 detik. Berawal dari tendangan jauh yang dilontarkan kiper Paston. Bola mampir di kaki Smeltz yang berada di sisi kiri pertahanan Repre. Umpan lambungnya ke kotak penalti dapat dimanfaatkan dengan jitu oleh Reid yang naik membantu serangan. Sundulan Reid yang terarah ke pojok kiri gawang membuat mati kutu kiper Mucha. Skor 1-1 bertahan sampai bubaran. Hasil yang membuat kubu Selandia Baru gembira, sebaliknya kekecewaan jelas tampak pada raut wajah para pemain Slovakia.

BERIKUT CUPLIKAN DAN GOL SLOVAKIA VS SELANDIA BARU :

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik