Senin, 14 Juni 2010

Blunder Chaouchi Menangkan Slovenia


Liputan6.com, Polokwane: Slovenia mencatat kemenangan pertamanya di ajang Piala Dunia. Bertempat di Peter Mokaba Stadium, Minggu (13/6), Slovenia unggul 1-0 (0-0) atas Aljazair dalam laga kedua penyisihan Grup C PD 2010. Satu-satunya gol kemenangan pasukan Matjas Kek dicetak gelandang West Bromwich Albion, Robert Koren di menit ke-79 memanfaatkan blunder fatal kiper Rubah Gurun, Faouzi Chaouchi.

Dengan hasil ini, untuk sementara Slovenia menempati posisi pertama di klasemen Grup C dengan jumlah tiga poin mengungguli dua tim lainnya yang lebih diunggulkan, Inggris dan Amerika Serikat. Kedua tim baru meraup satu angka menyusul hasil imbang 1-1 di Rustenburg tadi malam. Sedangkan Aljazair dengan nol poin menduduki peringkat juru kunci.

Awalnya, Rubah Gurun tampil lebih impresif dibanding lawannya dan mendapat sejumlah peluang emas untuk mencetak gol di babak pertama. Ketika pertandingan memasuki menit ketiga, bek Portsmouth, Nadir Belhadj membuat cemas pendukung Slovenia ketika tendangan bebasnya dari jarak 18 meter dapat ditepis kiper Samir Handanovic. Setelah itu pertandingan berjalan membosankan. Aljazair memang tampil dominan namun jarang membuat peluang yang berarti di depan gawang Slovenia.

Memasuki menit ke-20, Slovenia bangkit dan mencoba mengimbangi permainan anak-anak asuhan Rabah Saadane. Di menit ke-21, dua kali kiper Aljazair, Faouzi Chaouchi melakukan penyelamatan terhadap tendangan bebas yang dilontarkan Valter Birsa dan Andraz Kirm. Di menit ke-34, gelandang Aleksandar Radosavljevic menjadi pemain pertama yang diganjar kartu kuning menyusul pelanggaran kerasnya terhadap Belhadj.

Dua menit kemudian, Aljazair mendapat peluang terbaik untuk menjebol gawang Handanovic. Berawal dari tendangan penjuru yang dilakukan Karim Ziani. Bola di depan gawang disundul bek Rafik Halliche yang naik membantu serangan. Sayang, sundulan Halliche bergulir tipis di sebelah kiri gawang Slovenia. Tiga menit sebelum jeda, giliran Slovenia yang mendapat peluang ketika tendangan melengkung Birsa di luar kotak penalti dapat ditip Chaouchi. Skor 0-0 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Slovenia mulai bangkit. Di menit ke-60 Andraz Kirm mendapat peluang emas. Berdiri bebas di dalam kotak penalti, tendangan Kirm terlalu lemah dan mengarah tepat dalam pelukan kiper Chaouchi. Tiga menit berselang, defender Aljazair Bougherra melakukan penyelamatan dengan memblok upaya Zlatko Dedic. Di menit ke-70, sundulan striker pengganti Abdelkader Ghezzal memanfaatkan umpan Belhadj melambung di atas mistar.

Dua menit berlalu, petaka datang bagi Aljazair. Ghezzal yang sebelumnya mendapat kartu kuning 60 detik setelah memasuki lapangan, membuat tindakan sembrono, menyentuh bola dengan tangannya dengan sengaja. Tak ayal wasit Carlos Batres mengeluarkan kartu kuning kedua alias kartu merah. Slovenia kian di atas angin.

Namun, di menit ke-77, gawang Slovenia nyaris jebol. Bermula dari sodoran yang dilakukan kiper Handanovic kepada Cesar. Bola diserobot Karim Ziani. Beruntung, bola terlalu deras dan dapat kembali dikuasai Handanovic. Dua menit kemudian giliran kiper Chaouchi yang melakukan blunder. Mirip dengan kesalahan Robert Green di laga Inggris versus AS, Chaouchi gagal menangkap dengan sempurna bola sepakan kapten Slovenia, Robert Koren yang sebenarnya tidak terlalu membahayakan. Skor 1-0 untuk Slovenia bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

BERIKUT CUPLIKAN GOL-NYA :



0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik