Rabu, 16 Juni 2010

Brasil Lolos dari Lubang Jarum


Liputan6.com, Johannesburg: Sempat frustasi dan dibuat mandul di 45 menit pertama, dengan susah payah Brasil akhirnya berhasil memetik tiga poin penuh menyusul kemenangan tipis 2-1 (0-0) dari Korea Utara (Korut) di laga penyisihan Grup G Piala Dunia (PD) 2010 yang berlangsung di Ellis Park Stadium, Johannesburg, Selasa (15/6) malam waktu setempat atau Rabu (16/6) dinihari WIB.

Dua gol kemenangan Tim Samba dihasilkan lewat tendangan spektakuler full-back Inter Milan Maicon di menit ke-55 dan sepakan mendatar gelandang Galatasaray Elano Blumer di menit ke-71. Sementara, satu-satunya gol balasan Chollima dihasilkan winger Ji Yun-Nam dua menit sebelum waktu normal berakhir. Dengan demikian, Brasil sementara menempati posisi puncak klasemen grup dengan jumlah tiga poin.

Setelah di babak pertama gagal membongkar rapatnya lini pertahanan skuad asuhan Kim Jong-Hun, di babak kedua Brasil mencoba tampil lebih kreatif. Dua peluang yang didapat Michel Bastos lewat free-kick dan Robinho masih melenceng di samping gawang Myong-Guk. Di menit ke-55, Maicon berhasil memecah kebuntuan lewat gol yang pantas diklaim terbaik sepanjang PD digelar.

Mendapat umpan tarik dari Elano, Maicon yang datang dari second line melakukan tendangan keras dari sudut yang sangat sempit dimana bola nyaris menyentuh pinggir lapangan. Sejatinya, bola dapat ditepis kiper Myong-Guk. Akan tetapi, ketika itu Myong-Guk memrediksi Maicon bakal memberikan umpan ke tengah kotak penalti. Alhasil, posisi Myong-Guk lebih condong ke depan. Datangnya bola membuat Myong-Guk mati kutu. 1-0 untuk Brasil.

Tertinggal membuat Korut mulai bermain terbuka. Alhasil, lini pertahanan jadi agak terbuka. Karenanya, di menit ke-71 Brasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat sepakan Elano. Gol ini merupakan buah kecerdikan Robinho yang melihat pergerakan Elano. Umpan Robinho menembus barisan bek Korut. Tanpa mengontrol lebih dulu, Elano melancarkan tendangan mendatar yang gagal ditepis Myong-Guk. Ironisnya, itulah kontribusi terakhir Elano yang kemudian digantikan Daniel Alves.

Di mata penonton, gol kedua itu praktis menutup peluang Korut. Apalagi, Robinho dkk tak mau mengendurkan serangan dan tercatat beberapa kali mendapat peluang lewat striker pengganti Nilmar. Namun, Korut tak mau menyerah begitu saja. Dua menit jelang bubaran, publik terperangah dengan jebolnya gawang Julio Cesar.

Berawal dari tendangan jarak jauh yang dilakukan kiper Myong-Guk ke sisi kanan pertahanan Brasil. Bola disundul Young-Hak dan mampir di kaki Yun-Nam. Winger veteran berusia 33 tahun ini melakukan akselerasi ke kotak penalti dan berhasil melewati Lucio. Sepakan kaki kiri Yun-Nam tak mampu ditepis Julio Cesar. Skor berubah menjadi 2-1. Sayang, usaha Korut untuk membuat kejutan terlambat. Di sisa waktu, Brasil mampu mempertahankan keunggulan.

Susunan Pemain:
Brasil: Julio Cesar, Maicon, Lucio, Juan, Michel Bastos, Felipe Melo (Ramires, KK), Elano (Alves), Silva, Kaka (Nilmar), Luis Fabiano, Robinho.
Korut: Myong-Guk Ri, Jong-Hyok Cha, Jun-Il Ri, Kwang-Chon Ri, Chol-Jin Pak, Nam-C Pak, Yun-Nam Ji, In-Guk Mun (Kim Kum Il), Yong-Hak Ahn, Tae-Se Jong, Yong-Jo Hong.
Wasit: Victor Kassai (Hungaria)
(MEG)


BERIKUT CUPLIKAN DAN GOL BRAZIL VS KOREA UTARA :

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik