Sabtu, 26 Juni 2010

Spanyol Puncaki Grup H


Liputan6.com, Pretoria: Spanyol menunjukkan kelasnya sebagai juara Eropa. Menghadapi Cile yang bermain dengan 10 pemain pada partai penutup Grup H, Spanyol memetik kemenangan dengan skor 2-1. Dua gol Spanyol dibukukan David Villa dan Andres Iniesta, sedangkan satu gol Cile yang tetap lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 dibukukan Rodrigo Millar.

Berkat kemenangan ini Spanyol keluar sebagai juara Grup H dengan perolehan enam poin. Mereka unggul selisih gol dibanding Cile yang juga mengumpulkan enam poin. Hasil ini juga membuat Spanyol terhindar bertemu Brasil di babak perempat final. Spanyol bertemu Portugal, sedangkan Cile menantang Brasil setelah di partai lainnya Swiss gagal menumbangkan Honduras.

Sadar membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos dan menghindari Brasil di perdelapan final, Spanyol langsung menyerbu pertahanan Cile. Lima menit pertama, Fernando Torres sudah memiliki dua peluang yang terbuang. Serangan sporadis Cile juga membahayakan gawang yang dikawal Iker Casillas. Pada menit ke-10, serangan Cile nyaris berbuah gol jika saja Mark Gonzalez bisa tenang menuntaskan umpan Jean Beausejour.

Cile bermain spartan. Pressure ketat membuat Spanyol tidak terlalu leluasa menguasai bola, tapi harus dibayar dengan tiga kartu kuning yang diterimanya hanya dalam 20 menit. Pada menit ke-24 tercipta petaka bagi Cile. Tindakan bodoh Claudio Bravo yang meninggalkan sarangnya dan tidak membuang bola keluar lapangan harus di bayar mahal. Bola liar dikonversi menjadi gol oleh David Villa lewat tendangan dari jarak jauh. Spanyol memimpin 1-0.

Petaka lebih besar menimpa Cile pada menit ke-37. Hampir berbarengan dengan gol Andres Iniesta yang tercipta dari kerjasama apik dengan Villa, Cile harus bermain dengan 10 pemain. Marco Estrada diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua akibat menjatuhkan Torres. Keunggulan dua gol itu bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan dua menit, Spanyol dikejutkan oleh gol dari Rodrigo Millar. Sepakan Millar yang baru masuk sebagai pemain pengganti mengenai Pique sehingga mengecoh Casillas. Cile memperkecil ketinggalan. Del Bosque menarik keluar Torres yang sepertinya masih dililit cedera dan digantikan Cesc Fabregas.

Biarpun unggul jumlah pemain di lapangan, Spanyol sepertinya memilih tidak terlalu memforsir kemenangan. Tempo diturunkan Xavi Hernandez dkk dan hanya mengoper bola dari kaki ke kaki tanpa berusaha keras menusuk ke pertahanan lawan. Cile sebaliknya, lewat serangan balik masih berusaha menyetarakan kedudukan. Akan tetapi hingga pertandingan usai kedudukan 2-1 tidak berubah.

Susunan pemain:
Cile: Claudio Bravo; Mauricio Isla, Gary Medel (kk), Waldo Ponce (kk), Arturo Vidal, Mark Gonzalez (Rodrigo Millar 46), Marco Estrada (kk, km), Gonzalo Jara; Jorge Valdivia (Esteban Paredes 46), Jean Beausejour, Alexis Sanchez (Fabian Orellana 46).
Spanyol: Iker Casillas; Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila; Xabi Alonso (Javier Martinez 73), Xavi, Andres Iniesta, Sergio Busquets; Fernando Torres (Cesc fabregas 55), David Villa.
Wasit: Marco Rodriguez (Meksiko).

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik