Jumat, 25 Juni 2010

Slovakia Pulangkan Italia


Liputan6.com, Johannesburg: Juara bertahan Italia mengikuti jejak Prancis yang harus angkat koper lebih dini dari pergelaran putaran final Piala Dunia (PD) 2010. Di laga pamungkas penyisihan Grup F yang yang berlangsung di Ellis Park Stadium, Johannesburg, Kamis (25/6) sore waktu setempat, Gli Azzurri dipecundangi Slovakia 2-3 (0-1).

Alhasil, dengan kemenangan fantastis ini Repre, julukan Slovakia, berhak bertengger di peringkat kedua klasemen grup dengan jumlah empat poin atau satu angka terpaut dari pimpinan klasemen Paraguay yang bermain imbang tanpa gol dengan Selandia Baru. Apesnya Italia, kekalahan itu membuat mereka terdampar di dasar klasemen alias juru kunci.

Awalnya, di laga hidup-mati tersebut, Italia tampil menggebrak lewat tembakan spekulasi Antonio Di Natale ketika babak pertama baru berlangsung 20 detik dan peluang yang gagal dimanfaatkan Vincenzo Iaquinta di menit ketiga. Namun, sejak itu Slovakia mampu tampil dominan dan memegang kendali permainan. Marek Hamsik dkk tak canggung memeragakan pola permainan pendek dari kaki ke kaki.

Di menit keenam, Hamsik membuang peluang emas. Mendapat bola dan berdiri bebas di tengah kotak penalti, tendangan sang kapten Slovakia ini justru menyamping dari gawang Italia yang dikawal Federico Marchetti. Tekanan demi tekanan yang dilakukan skuad asuhan Vladimir Weiss akhirnya membuahkan hasil di menit ke-25. Bermula dari kesalahan Daniele De Rossi yang umpannya kepada Gennaro Gattuso dapat dipotong Juraj Kucka yang langsung memberi umpan kepada Robert Vittek. Dengan dingin, Vittek melancarkan sepakan terarah ke pojok kanan gawang yang tak mampu dijangkau Marchetti. 1-0 untuk Slovakia.

Italia mencoba bangkit. Namun, tak satu pun peluang berarti yang mampu dibuat Iaauinta dkk. Justru Slovakia yang mampu mengancam lewat sepakan jarak jauh Erik Jendrisek di menit ke-34 yang kali ini dapat ditepis Marchetti. Enam menit kemudian, bek Liverpool Martin Skrtel nyaris melakukan bunuh diri. Bermaksud menghalau bola silang, sundulan Skrtel nyaris menjebol gawang Jan Mucha. Beruntung bagi Slovakia, bola meluncur tipis di atas mistar. Di injury time, tendangan cannon ball Kucka tipis bergulir di sisi kiri gawang Marchetti.

Tertinggal membuat pelatih Marcello Lippi di awal babak kedua memutuskan berjudi dengan menurunkan duet Napoli, striker Fabio Quagliarella dan bek Christian Maggio menggantikan Gattuso dan Domenico Criscito. Italia tampil lebih menggigit. Sejumlah peluang didapat Iaquinta dan Di Natale. Di menit ke-55, Lippi pun memainkan kartu trufnya, Andrea Pirlo menggantikan Riccardo Montolivo.

Italia mulai dominan dan memegang kendali permainan. Di menit ke-66 terjadi kontroversi. Berawal dari pergerakan Simone Pepe di sektor sayap kanan pertahanan Slovakia. Umpan silangnya ditip kiper Mucha dan jatuh di kaki Quagliarella. Tembakan bomber Napoli itu diblok Martin Skrtel di garis gawang. Para pemain Italia menyangka telah tercipta gol. Namun, wasit Howard Webb bergeming. Pun demikian dengan hakim garis yang terhalang pandangannya. Dari tayang ulang tampak kaki kanan Skrtel berada di dalam gawang.

Di saat melakukan tekanan, pertahanan Italia lengah. Di menit ke-73 Slovakia memperbesar keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan Vittek memanfaatkan umpan Hamsik. Italia kian terpacu menggempur pertahanan Slovakia. Di menit ke-79, kiper Mucha melakukan save dengan memblok tendangan Di Natale. Semenit kemudian, Italia mendapat second wind dan berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Gol ini merupakan buah kerja keras Quagliarella. Melakukan satu dua sentuhan dengan Iaquinta, sepakan Quagliarella diblok Mucha. Bola rebound dimanfaatkan Di Natale. Italia kian bersemangat. Pertandingan kian menegangkan. Lima menit berselang, gol Quagliarella dianulir karena sebelumnya telah berdiri dalam posisi off-side saat menerima umpan silang Di Natale.

Dua menit jelang waktu normal berakhir, Slovakia mencetak gol ketiga lewat tembakan lambung gelandang Kamil Kopunek memanfaatkan umpan dari lemparan ke dalam. Skor 3-1. Di saat publik menilai Italia menyerah, di menit ke-91 dan 25 detik, Quagliarella mencetak gol indah. Tembakan lob Quagliarella dari jarak 18 meter mengelabui kiper Mucha yang telah salah posisi. Skor menjadi 3-2. Usaha Italia mencetak gol tambahan demi memaksakan hasil seri kandas sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Slovakia: Mucha (KK), Pekarik (KK), Skrtel, Durica, Zabavnik, Hamsik, Strba (KK, Kopunek), Kucka, Stoch, Vittek (KK, Sestak), Jendrisek (Petras).
Italia: Marchetti, Zambrotta, Cannavaro (KK), Chiellini (KK), Criscito (Maggio), Gattuso (Quagliarella, KK), De Rossi, Montolivo (Pirlo), Pepe (KK), Iaquinta, Di Natale.
Wasit: Howard Webb

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik