Minggu, 20 Juni 2010

Denmark Singkirkan Kamerun


Liputan6.com, Pretoria: Denmark membuka peluang ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 setelah mengalahkan Kamerun 2-1 (1-1) langsung pada partai kedua Grup E, Ahad (20/6) dini hari WIB. Denmark yang tertinggal lebih dahulu oleh gol Samuel Eto’o membalikkan keadaan lewat gol Nicklas Bendtner dan Dennis Rommedahl.

Sama-sama membutuhkan kemenangan, laga krusial antara Kamerun dan Denmark berlangsung menarik. Partai di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, berlangsung 10 menit, gawang Denmark bergetar. Kecerobohan Christian Poulsen dalam mengoper ke sisi kanan diintersep Achille Emana yang mengirim umpan matang untuk diselesaikan Samuel Eto’o. Kamerun memimpin 1-0.

Denmark perlahan namun pasti mengembangkan tempo cepat ciri khas mereka. “Tim Dinamit” menyamakan kedudukan di menit ke-33. Umpan matang Dennis Rommedahl yang menerima bola jauh Simon Kjaer dituntaskan Nicklas Bendtner dengan cocoran. Kedudukan imbang 1-1. Inilah gol pertama bagi Kamerun dan Denmark di PD tahun ini.

Permainan jadi semakin menarik. Setelah Jon Dahl Tomasson membuang peluang akibat tekel sempurna Alexandre Song di menit ke-42, beberapa detik kemudian Kamerun merespon. Sialnya, sepakan Eto’o menerpa tiang di sisi kanan Sorensen. Tidak berlalu lama sepakan Emana yang didahului terobosan masih bisa dijangkau Sorensen.

Begitu pertandingan dilangsungkan kembali, kedua kesebelasan tetap menampilkan permainan cepat. Lima menit babak kedua berjalan, tendangan jarak jauh Poulsen ditepis Souleymanou Hamidou. Pada menit ke-61 Denmark membalikkan keadaan jadi memimpin 2-1. Gol yang dibangun dari serangan balik cepat yang diselesaikan sepakan kaki kiri Rommedahl setelah melewati Jean Makoun terlebih dahulu.

Setelah tertinggal, Kamerun berusaha menyerang. Namun begitu, pada menit ke-73 gawang mereka terancam. Beruntung Tomasson gagal menuntaskan peluang akibat penyelamatan dari Hamidou. Di menit ke-77 giliran Kamerun yang berpeluang menyamakan kedudukan, tapi tendangan Emana bisa digagalkan Sorensen.

Anak-anak asuhan Paul Le Guen terus berusaha, tapi hingga pertandingan berakhir mereka tidak mampu menyamakan kedudukan. Dengan kekalahan ini The Indomitable Lions menjadi tim pertama yang tersingkir di putaran pertama. Sebaliknya, Denmark meretas asa melangkah lebih jauh.

Denmark yang mengumpulkan tiga poin berada di peringkat ketiga Grup E, di bawah Belanda dan Jepang yang mengumpulkan enam dan tiga poin. Jepang dalam hal ini lebih unggul dalam selisih gol dan pertemuan Denmark versus Jepang di partai pamungkas akan semakin seru. Kamerun yang untuk kedua kalinya kalah di laga terakhir akan bertemu Belanda, tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya.

Susunan pemain:
Kamerun: Hamidou Souleymanou; Stephane Mbia (kk), Sebastien Bassong (kk) (Mohammadou Idrissou 72), Nicolas Nkoulou, Benoit Assou-Ekotto; Geremi, Enoh Eyong (Jean Makoun 46), Alexandre Song, Achille Emana, Achille Webo (Vincent Aboubakar 78); Samuel Eto’o.
Denmark: Thomas Sorensen (kk); Simon Poulsen, Daniel Agger, Simon Kjaer (kk), Lars Jacobsen; Dennis Rommedahl, Christian Poulsen, Martin Jorgensen (Daniel Jensen 46), Jesper Gronkjaer (Thomas Kahlenberg 67); Jon Dahl Tomasson (Jakob Poulsen 84), Nicklas Bendtner.
Wasit: Jorge Larrionda (Uruguay)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik