Kamis, 24 Juni 2010

Serbia dan Australia Masuk Kotak


Liputan6.com, Nelspruit: Percuma. Itulah yang mungkin tepat untuk menggambarkan kemenangan Australia atas Serbia dengan skor 2-1 dalam laga pamungkas Grup D Piala Dunia Afrika Selatan, Rabu (23/6). Sebab dalam pertandingan lainnya, Ghana hanya kalah 1-0 dari Jerman. Nasib sama dialami Serbia. Dengan hanya sekali menang, Serbia pun masuk kotak.

Sama-sama ada di bawah ancaman tersingkir, Australia dan Serbia bermain terbuka. Namun Australia tampil kurang menyakinkan di babak pertama. Tim Cahill dan kawan-kawan tak mampu membangun serangan. Sebaliknya benteng pertahanan mereka menjadi bulan-bulanan kubu Serbia.

Saat laga memasuki menit kelima, Australia nyaris ketinggalan ketika Milos Krasic melepaskan tendangan dari kotak penalti. Beruntung, Mark Schwarzer mematahkannya sehingga hanya menghasilkan sepak pojok. Krasic kembali mengancam gawang Australia di menit 12. Dia melewati Schwarzer. Sayang sepakannya melenceng ke sisi kiri gawang.

Gawang Tim Kanguru kembali terancam pada menit 22. Tusukan Branislav Ivanovic dari sayap kanan Serbia membuat lini belakang Australia kocar-kacir. Menguasai bola di luar kotak penalti, Ivanovic menggiring bola masuk kotak penalti dan melepaskan tembakan akurat. Namun tendangan bek yang bermain di Chelsea itu dimentahkan oleh Schwarzer.

Meski diserang terus, bukan berarti Australia tanpa perlawanan. Pada menit 33, Tim Cahill sempat membuat pendukung Serbia deg-degan. Cahill yang mendapat umpan silang Mark Bresciano tak mampu memanfaatkan dengan baik karena dikawal ketat bek-bek Serbia. Hingga pengadil lapangan meniup peluit tanda istirahat, tidak ada gol tercipta.

Australia bermain lebih trengginas di babak kedua. Tim berjuluk Socceroos mulai sering melancarkan serangan-serangan berbahaya. Usaha Australia membuahkan hasil. Mereka unggul berkat gol Cahill pada menit 69. Memanfaatkan umpan silang dari sektor kanan, pemain Everton ini menanduk bola masuk ke sudut kanan bawah gawang Vladimir Stojkovic.

Australia memperbesar keunggulan melalui Brett Holmann pada menit 73. Holmann melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang Stojkovic. Serbia berhasil memperpendek selisih berkat gol Marco pantelic pada menit 84. Gol ini membuat Serbia lebih dinamis untuk menyamakan skor.

Usaha Serbia untuk membuat skor penyeimbang tak berhasil hingga laga usai. Meski menang, Austaria tetap tersingkir karena kalah selisih gol dengan Ghana yang pada saat bersamaan kalah oleh Jerman 1-0. Ghana menemani Jerman lolos ke babak 16 besar.

Susunan pemain:
Australia: Mark Schwarzer; Lucas Neill, Michael Beauchamp (kk), Luke Wilkshire (kk) (Richard Garcia 82), Mark Bresciano (Scott Chipperfield 66), Jason Culina, Carl Valeri (Brett Holman 65), Brett Emerton (kk), David Carney, Tim Cahill, Josh Kennedy.
Serbia: Vladimir Stojkovic; Branislav Ivanovic, Nemanja Vidic, Aleksandar Lukovic (kk), Milos Krasic (Zoran Tosic 62), Dejan Stankovic, Ivan Obradovic, Zdravko Kuzmanovic (Danko Lazovic 77), Milos Ninkovic (kk), Milan Jovanovic, Nikola Zigic (Marko Pantelic 67).
Wasit: Jorge Larrionda (Uruguay)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik