Minggu, 20 Juni 2010

Sneijder Antar Belanda ke Putaran Kedua


Liputan6.com, Durban: Belanda dengan susah payah menyudahi perlawanan Jepang dengan skor 1-0 dalam laga kedua Grup E di Stadion Moses Mabhide, Durban, Sabtu (19/6). Satu-satunya gol kemenangan yang mengantar Oranje ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 dilesakkan Wesley Sneijder lewat tendangan indahnya.

Babak pertama berjalan kurang menarik. Belanda sangat unggul dalam penguasaan bola, namun Jepang bermain sangat disiplin menjaga daerahnya. Belanda tampak kebingungan membongkar pertahanan grendel ala Jepang.

“Samurai Biru” yang berkonsentrasi dalam mengawal barisan belakangnya tercatat dua kali memberi ancaman walau tidak serius. Jepang mengancam melalui sundulan Keisuke Honda dan tendangan on-target Daisuke Matsui. Sedangkan Belanda memberi ancaman dari tendangan salto Dirk Kuyt dan tembakan terarah Rafael van der Vaart yang mudah diantisipasi kiper Eiji Kawashima.

Babak kedua permainan lebih hidup. Tiga menit selepas istirahat Robin van Persie membuka peluang dengan sundulan yang bisa diantisipasi Kawashima. Kebuntuan akhirnya dipecahkan Belanda pada menit ke-53. Wesley Sneijder yang menerima bola sodoran Van Persie menyambutnya dengan tendangan first-time keras tepat di luar kotak penalti yang tidak bisa ditahan Kawashima meski mampu menggapainya.

Belanda memimpin 1-0 lewat gol yang layak dinobatkan sebagai salah satu terbaik di PD 2010. Jepang terlecut untuk keluar menyerang. Yoshito Okubo tercatat dua kali mengancam tapi tidak ada yang mampu mengoyak gawang Maarten Stekelenburg. Pelatih Timnas Jepang Takeshi Okada mengubah lini serangnya dengan memasukkan dua striker sekaligus, Shinji Okazaki dan Keiji Tamada.

Masuknya tambahan striker membuat tekanan Jepang lebih intensif, tapi tidak ada yang membuahkan hasil. Justru Ibrahim Afellay yang masuk sebagai pemain pengganti dua kali memiliki peluang emas. Sayang dua peluang yang sudah berhadapan dengan kiper lawan itu bisa diantisipasi Kawashima. Satu peluang terbaik Jepang datang satu menit sebelum usainya laga, tetapi tendangan voli Okazaki melayang tipis di atas mistar.

Kemenangan 1-0 ini membuat Belanda menjadi tim pertama yang rhak lolos ke putaran kedua. Belanda yang mengantongi enam poin dari dua kali bermain bahkan bukan tidak mungkin memastikan diri sebagai juara grup jika Kamerun dan Denmark bermain seri di Pretoria dini hari WIB nanti. Jepang sendiri masih berpeluang lolos dengan tiga poin di tangan.

Susunan pemain:
Belanda: Maarten Stekelenburg; Gregory van der Wiel (kk), John Heitinga, Joris Mathijsen, Giovanni van Bronckhorst; Mark van Bommel, Nigel de Jong; Wesley Sneijder (Ibrahim Afellay 83), Rafael van der Vaart (Eljero Elia 72), Dirk Kuyt; Robin van Persie (Klaas-Jan Huntelaar 88).
Jepang: Eiji Kawashima; Yuji Nakazawa, Tulio, Yuichi Komano, Yuto Nagatomo; Yuki Abe, Yasuhito Endo, Makoto Hasebe (Shinji Okazaki 77), Daisuke Matsui (Shunsuke Nakamura 64); Keisuke Honda; Yoshito Okubo (Keiji Tamada 77).
Wasit: Hector Baldassi (Argentina).

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik