Kamis, 24 Juni 2010

Dramatis, Donovan Loloskan AS


Liputan6.com, Pretoria: Secara dramatis Amerika Serikat lolos ke fase knock-out Piala Dunia 2010. Gol Landon Donovan diinjury time memastikan kemenangan 1-0 yang dipetik AS atas Aljazair pada partai pamungkas Grup C di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, Rabu (23/6).

Hasil ini membawa The Yanks merengkuh tiket babak 16 besar serta memuncaki Grup C dengan perolehan empat poin. Meski memiliki jumlah poin dan selisih gol sama dengan Inggris, AS lebih baik dalam produktivitas gol.

Aljazair hampir mengejutkan kubu AS di menit keenam ketika tendangan voli Rafik Djebbour membentur mistar gawang. Perlahan tim asuhan Bob Bradley menguasai keadaan. Pada menit ke-20, Clint Dempsey menjebol gawang Aljazair. Tetapi gol tersebut dianulir karena asisten wasit sudah mengangkat bendera tanda offside.

Pada menit ke-35 kiper “Rubah Gurun” Rais MBolhi menggagalkan peluang yang dimiliki Dempsey. Dua menit berselang Jozy Altidore menyia-nyiakan peluang emas. Karena tidak tenang, tembakan Altidore yang berdiri bebas di dekat gawang melambung jauh. The Yanks harus memenangkan pertandingan jika Inggris sukses mengalahkan Slovenia pada partai Grup C lainnya.

Di babak kedua AS justru terlihat grogi. Baru pada menit ke-56 serangan mereka nyaris membobol gawang Aljazair saat tendangan Dempsey membentur tiang dan sepakan bola muntahnya melebar. Gagal membuahkan hasil memang, tapi peluang itu menjadi momentum yang AS untuk lebih mengintensifkan serangan.

Benny Feilhaber yang masuk sebagai pemain pengganti melakukan penetrasi di sisi kiri pertahanan Aljazair, tapi bisa digagalkan MBolhi. Kiper berkepala plontos itu menjadi benteng yang sulit ditembus para pemain AS. Misalnya pada menit ke-68, refleks MBolhi patut diacungi jempol ketika menepis sundulan Altidore.

Mbolhi kembali menunjukkan aksinya pada menit ke-78. Kiper yang bermain di klub Bulgaria, Slavia Sofia, dengan brilian menahan tendangan Michael Bradley. Kebuntuan serangan AS akhirnya dipecahkan Donovan satu menit memasuki injury time. Dengan tenang Donovan mencocor bola liar di depan gawang Aljazair. Hasil sensasional bagi AS. Pil pahit Aljazair dilengkapi dengan diusirnya Antar Yahia setelah menerima kartu kuning kedua.

Susunan pemain:
Amerika Serikat: Tim Howard; Steve Cherundolo, Jay DeMerit, Jonathan Bornstein (DaMarcus Beasley 80 (kk)), Carlos Bocanegra; Landon Donovan, Michael Bradley, Maurice Edu (Edson Buddle 64), Clint Dempsey; Jozy Altidore (kk), Hercules Gomez (Benny Feilhaber 46).
Aljazair: Rais Ouheb MBolhi; Majid Bougherra, Rafik Halliche, Antar Yahia (kk, km), Nader Belhadj, Fouad Kadir, Hassan Yebda (kk), Medhi Lacen (kk), Karim Ziani (Adlene Guedioura 69), Rafik Djebbour (Abdelkader Ghezzal 65), Karim Matmour (Rafik Saifi 85).
Wasit: Frank De Bleeckere (Belgia).

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik