Rabu, 30 Juni 2010

Spanyol Genapi Kontestan 8 Besar


Liputan6.com, Cape Town: Tim favorit Spanyol menjadi tim terakhir yang melangkahkan kakinya ke babak perempat final alias 8 besar PD 2010 di Afrika Selatan. Dalam laga pamungkas 16 besar yang berlangsung di Cape Town Stadium, Cape Town, Selasa (29/6) malam waktu setempat atau Rabu (30/6) dinihari WIB, La Furia Roja berhasil mengatasi perlawanan Portugal dengan skor 1-0 (0-0). Gol semata wayang kemenangan Spanyol dihasilkan melalui sontekan David Villa di menit ke-63.

Setelah hampir dibuat mati kutu oleh anak-anak asuhan Carlos Queiroz di 45 menit pertama (Baca: Spanyol dan Portugal Sama-sama Mandul), di babak kedua Spanyol mampu tampil lebih baik dan menggigit. Hanya sekali di menit-menit awal Portugal mendapat peluang ketika tembakan Almeida yang membentur paha Carles Puyol melenceng tipis di sisi kanan gawang Iker Casillas.

Di menit ke-58, kedua tim sama-sama melakukan pergantian pemain dimana Danny masuk menggantikan Almeida, sementara di kubu Spanyol, Vicente del Bosque dengan jitu menarik keluar Fernando Torres dan memainkan striker jangkung Fernando Llorente. Kurang dari dua menit, Llorente mengancam gawang Portugal ketika sundulannya menyambar umpan silang Sergio Ramos dengan gemilang dapat ditepis kiper Eduardo.

Penampilan Spanyol kian panas. Sebaliknya, Portugal tampak loyo. Beberapa detik kemudian, Villa kembali menguji Eduardo lewat sepakan kerasnya yang hanya melenceng tipis di sisi kiri gawang. Usaha Spanyol membuahkan hasil di menit ke-63. Gol ini merupakan hasil kerja sama antara Andres Iniesta dan Villa. Mendapat sodoran dari Xavi Hernandez, Iniesta kemudian mengalihkan bola kepada Villa yang bergerak di sektor sayap kiri pertahanan Portugal. Tendangan Villa sejatinya dapat diblok kiper Eduardo. Bola rebound kemudian dicocor Villa, membentur mistar dan masuk ke dalam gawang.

Unggul tak mengendorkan semangat La Furia Roja. Di menit ke-69, Ramos melakukan akselerasi sendirian ke kotak penalti. Tembakan keras kaki kirinya dapat ditepis Eduardo. Tiga menit kemudian, Queiroz mencoba peruntungan dengan memainkan Pedro Mendes dan Liedson. Usaha yang sia-sia mengingat Cristiano Ronaldo tak mendapat dukungan dari lini tengah.

Di menit ke-76, Villa kembali melancarkan tendangan dari jarak jauh yang berhasil diantisipasi Eduardo. Sepuluh menit kemudian, kembali Llorente gagal menyelesaikan peluang ketika sundulannya meneruskan umpan Villa masih bergulir di sisi kanan gawang Eduardo. Di lima menit terakhir, Portugal mencoba bangkit. Tapi, apa lacur, di menit ke-88, Portugal justru kehilangan bek kanan Ricardo Costa yang diganjar kartu merah langsung menyusul aksi sikutnya terhadap bek Joan Capdevilla. Skor 1-0 untuk Spanyol pun bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Dengan hasil ini, di babak delapan besar Spanyol akan bertemu dengan Paraguay di Ellis Park Stadium, Johannesburg, Sabtu (3/7).

Susunan Pemain
:
Spanyol: 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 14-Xabi Alonso (KK,4-Carlos Marchena), 8-Xavi, 6-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 9-Fernando Torres (19-Fernando Llorente), 7-David Villa (18-Pedro).
Portugal: 1-Eduardo; 2-Bruno Alves, 21-Ricardo Costa (KM), 6-Ricardo Carvalho, 23-Fabio Coentrao, 16-Raul Meireles, 15-Pepe (8-Pedro Mendes), 19-Tiago (KK), 7-Cristiano Ronaldo, 11-Simao Sabrosa (9-Liedson), 18-Hugo Almeida (10-Danny).
Wasit: Hector Baldassi (Argentina)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik