Sabtu, 12 Juni 2010

Vuvuzela Lebih Bising dari Jet Komersil


Liputan6.com, Johannesburg: Pembukaan Piala Dunia 2010 di Afrika Se;atan berlangsung semarak. Berbagai pesohor dunia tumpah ruah di Stadion Soccer City, Johannesburg, Jumat (11/6). Sebut misalnya Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, John Travolta dan yang si empunya hajat Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden Afsel Jacob Zuma.

Pembukaan pesta bola empat tahunan itu juga dimeriahkan penampilan penyanyi internasional seperti Shakira, Black Eyed Peas dan John Legend. Setelah hingar bingar seremoni pembukaan, penonton baik yang langsung menyaksikan di stadion maupun melalui televisi, dilanjutkan pertandingan pembuka antara Afsel dan Meksiko.

Ada cerita unik dari partai yang berakhir dengan skor imbang 1-1 tersebut. Kebisingan vuvuzela yang ditiup penonton dalam stadion berkapasitas 94.700 orang itu ternyata bisa mencapai 144 desibel. Tingkat kebisingan yang luar biasa karena suara jet komersil dan senapan saja hanya 140 desibel.

Tingkat kebisingan yang bisa mengganggu pendengaran manusia. Para ahli mewanti-wanti bahwa tingkat suara yang aman untuk kuping orang normal berada di level 137 desibel. Tapi pesta jalan terus.

Penonton yang umumnya suporter tuan rumah puas dengan performa Bafana-Bafana, julukan Timnas Afsel. Mereka umumnya yakin tim asuhan Carlos Alberto Parreira akan meraih hasil lebih baik di pertandingan berikut Grup A, saat bertemu Uruguay dan Prancis. Jika demikian, dukungan akan lebih antusias diberikan. Tentunya lengkap dengan pekikan terompet plastik warna-warni tersebut.

Berikut komparasi tingkat kebisingan suara:
1. Vuvuzela - 144 dB
2. Tembakan atau petasan - 140 dB
3. Jet komersil - 140 dB
4. Konser rock - 120 dB
5. Klakson mobil - 110 dB
6. Mesin pemotong rumput - 90 dB
7. Kemacetan di jalan - 80 dB
8. Percakapan normal - 60 dB
9. Bisik-bisik - 15 dB
10. Diam atau hening - 0 dB.
(DIM/Sky Sports/The Sun)

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik