Minggu, 06 Juni 2010

Brontosaurus Tidak Pernah Ada

Selama ini kita mengenal Brontosaurus adalah Dinosaurus yang paling dikenal Dunia. Namun, mungkin hanya sedikit yang tau bahwa Brontosaurus ternyata tidak pernah hidup di Bumi ini.

(ILUSTRASI BRONTO SAURUS)

Sebenarnya Dinosaurus berleher panjang ini tidak pernah ada. Dalam awal penamaan dan perangkaian kerangka Sang leher panjang ini terjadi sebuah kesalahan fatal.

Para peneliti dari Institut Carnegie telah meneliti bahwa semua rangkaian kerangka Brontosaurus di 5 Museum utama dunia, termasuk museum Carnegie sendiri adalah salah. Pada tahun 1979 Para peneliti tersebut memberitahukan media cetak bahwa rangkaian kerangka Dr.O.C.Marsh adalah salah. Fosil dari Yale tersebut sebenarnya berasal dari 2 Dinosaurus yang berbeda. Artinya, Badan Dinosaurus A digabungkan dengan Kepala B lalu diberi nama Brontosaurus. Dan akhirnya para ahli telah mengirimkan Fosil yang salah ke Museum.

Dalam Artikel berjudul Scientist Claim Brontosaurus Given Wrong HeadKarya Berman yang dirilis pada tanggal 10 Oktober 1979 itu, menjelaskan bahwa Dr.O.C.Marsh sebenarnya menggunakan tulang kepala yang ditemukannya 3 sampai 4 mil jauhnya dari Tulang badannya. Tetapi tidak ada orang pada waktu itu yang mengetahui kesalahan tersebut. Marsh sendiri tidak menulis hal ini dalam Artikelnya tentang Brontosaurus. Tidak ada bukti dari Marsh bahwa Tulang kepala ini ada hubungannya dengan tulang badan yang ia temukan di tempat lain.

Sebenarnya tulang badan yang ditemukan Marsh adalah tulang badan dari Diplodocus dan kepalanya adalah kepala Apatosaurus yang ditemukan lebih dulu dibanding Brontosaurus. Jadi, kesimpulannya adalah Brontosaurus tidak pernah ada dan Brontosaurus yang kita kenal selama ini ternyata gabungan dari Fosil Diplodocus dan Apatosaurus yang tergabung karena sebuah kesalahan.



Masih Mengidolakan Brontosaurus? Sebaiknya bermimpilah. Karena Dia tak pernah ada.

SUMBER REFERENSI:
BUKU THE NEW DINOSAUR DICTIONARY, THENOOCK, WIKIPEDIA, GOOGLE IMAGE.
SOFTWARE PENDUKUNG :
ADOBE PHOTOSHOP CS3

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik