Selasa, 07 September 2010

Tentukan Lebaran, Kemenag Besok Gelar Sidang Isbat

berita
Perhitungan penetapan 1 Syawal (Foto: Ist)

JAKARTA- Pemerintah belum memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1431 H akan jatuh. Untuk itu, Kementrian Agama akan melakukan sidang isbat besok sore di Kantor Kementrian Agama, Jakarta.

"Besok sore pada 8 September akan lakukan sidang isbat. Tapi ada kecenderungannya memang 10 (lebarannya), belum bisa diputuskan karena yang memutuskan sidang isbat," ujar Menteri Agama Suryadharma Ali di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/9/2010).

Menurut Menag, diperkirakan pada 8 September itu hilal masih di bawah minus 2 derajat. "Jadi tidak terlihat, oleh karenanya digenapkan menjadi 30 hari puasanya sampai tanggal 9 September," imbuhnya.

Dengan begitu, kemungkinan mayoritas umat Islam di Indonesia akan merayakan lebaran pada 10 September. Selama ini, Kementrian Agama membebaskan kelompok-kelompok agama Islam untuk melakukan perhitungan sendiri terhadap penentuan hari raya Idul Fitri.

"Kemarin atau dua hari lalu, Kemenag melakukan komunikasi dengan kelompok masyarakat yang melakukan hisab atau rukyat dengan caranya masing-masing. Sudah ada komunikasi dengan baik, insya Allah tahun depan standar dalam penghitungan hisab atau rukyat dilakukan secara bersama-sama kriterianya. Dengan demikian lebih mendekatkan dan lebih mengurangi perbedaan," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik