Rabu, 08 September 2010

PBNU: Secara Ilmiah Lebaran 10 September

berita
Logo PBNU (Foto: Ist)

JAKARTA - Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) ternyata memiliki perhitungan yang sama dengan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), bahwa hilal masih di bawah ufuk pada hari ini.

Sehingga hampir mustahil hilal bisa dilihat. Kendati demikian, ormas Islam terbesar di Indonesia tersebut akan tetap melakukan rukyatul hilal.

“Posisi bulan memang di bawah ufuk sehingga secara teori susah dilihat,” ujar Ketua Lajnah Falaqiah PBNU KH Ghozalie Masroeri kepada okezone di Jakarta, Rabu (8/9/2010).

Saat ditanya apakah itu berarti NU akan memutuskan Idul Fitri 1431 Hijriah jatuh pada Jumat 10 September? KH Ghozalie Masroeri berkata,”Kami tak mau mendahului kehendak Allah. Kalau seragam ya Alhamdulillah.”

Bagi para ahli falaq NU, hisab merupakan prediksi, sementara rukyatul hilal adalah penentu. Hal itu lantaran munculnya metode hisab dari dilakukannya rukyatul hilal dalam hitungan ribuan kali sehingga memunculkan pola yang bisa dijadikan pedoman.

Karena itu, apapun prediksi yang muncul terkait penentuan awal Ramadan dan Syawal, NU akan tetap menjalankan aktivitas rukyatul hilal sebagai bagian dari sunnah Nabi dan melestarikan tradisi intelektual. “Rasul tidak pernah meramal,” ujarnya.

Kiai Ghozalie juga mengaku, apa yang dipraktekkan PBNU selaras dengan tauladan para sahabat nabi. Ketika mereka hilal tidak serta merta langsung menetapkan sendiri awal Syawal atau Ramadan, tapi disampaikan dulu ke rasul. “Karena itu kalau NU setelah berhasil melihat rukyah pasti akan melapor dulu ke pemerintah. Tidak langsung membuat ketetapan sendiri,” ujarnya.

Alumnus Pesantren Krapyak Yogyakarta itu berharap ke depan pemerintah bersama ormas Islam menetapkan pedoman penghitungan yang disepakati bersama. Sehingga insiden Lebaran tak seragam cukup menjadi masa lalu saja. “Akar persoalan dari hal ini masih belum diurai,” tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik