Rabu, 08 September 2010

8.000 Anggota Naqsabandiyah Sumbar Salat Ied Hari Ini

berita
Ilustrasi (wordpress)

PADANG - Sekira 8 ribu anggota Tarekat Naqsabandiyah di Sumater Barat (Sumbar) melaksanakan salat Idul Fitri hari ini.

Sekretaris Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo mengatakan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri ini didasarkan pada kalender hisab munjid bahwa Lebaran untuk Naqsabandiyah jatuh pada Rabu, 8 September.

“Kita tidak bermain-main dalam hal penetapan ini, karena kami punya dalil dari Alquran dan hadits yang menjadi turun temurun dilakukan para ulama dahulu,” ujar Edizon kepada okezone saat ditemui seusai salat Idul Fitri di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Rabu (8/9/2010).

Menurutnya, persoalan ini sudah dibahas di Kementerian Agama Sumbar pada 2 September lalu. Saat itu, Naqsabandiyah diundang untuk menyesuaiakn jadwal Lebaran bersama pada Jumat, 10 September lusa. “Tapi pada saat itu kami sampaikan alasan dan dalil-dalil. Akhirnya, Kemenag menerima perbedaan ini,” sambung Edizon.

Pertermuan itu juga mematahkan anggapan bahwa Naqsabandiyah beraliran sesat. Di Seluruh Sumbar, lanjut Edizon, ada sekira 8 ribu anggota jamaah. Sebanyak 3 ribu di antaranya berdomisili di Kota Padang.

Sementara itu, berdasarkan pantauan okezone di Masjid Baitul Makmur yang merupakan pusat aktivitas Naqsabandiyah Sumbar, sekira 500 orang melaksanakan salat Ied, yang didominasi kaum lanjut usia. Salat ied dipimpin langsung oleh Edizon dengan khatib Safri Malin Mudo. Safri menyampaikan khutbahnya dalam bahasa Arab. Salat dimulai sekira pukul 07.50 WIB hingga 08.15 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik