Kamis, 09 September 2010

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1421 H Hari Jumat

berita

JAKARTA- Hasil sidang itsbat pemerintah bersama sejumlah ormas Islam memutuskan 1 Syawal 1431 Hijriah jatuh pada Jumat 10 September 2010.

Keputusan tersebut diambil karena tidak ada satu pun perukyat yang berhasil melihat hilal pertanda berakhirnya bulan Ramadan.

Selain itu, hasil penghitungan dengan metode hisab juga menunjukkan bahwa 1 Syawal 1431 H jatuh pada Jumat 10 September 2010.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, memutuskan 1 Syawal 1431 H ditetapkan pada Jumat 10 September,” ujar Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Rabu (8/9/2010).

Suryadharma menegaskan bahwa tidak ada perbedaan di antara ormas Islam dalam keputusan ini sehingga tidak ada keraguan secara aklamasi 1 Syawal 1431 H ditetapkan hari Jumat 10 September 2010.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) pagi tadi memprediksikan hilal 1 Syawal 1431 H tidak akan bisa dilihat pada hari ini karena posisi hilal masih berada di bawah ufuk. Yaitu antara minus dua sampai tiga derajat.

Faktor cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia yang cenderung mendung dan berawan juga menjadi penghalang terlihatnya hilal. “Meski pun ada laporan hilal terlihat akan kami tolak,” ujar peneliti LAPAN Prof ThomasDjamaluddin.

Perlu diketahui, apabila hilal terlihat pada Rabu 8 September maka Lebaran akan ditetapkan pada Kamis 9 September. Namun apabila tidak, maka bilangan puasa Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari sehingga Idul Fitri 1431 H jatuh pada Jumat 10 September.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik