Kamis, 08 Juli 2010

Puyol Bawa Spanyol ke Final


Liputan6.com, Durban: Piala Dunia 2010 bakal menghadirkan juara baru. Kepastian datang setelah Spanyol menekuk Jerman 1-0 langsung pada laga semifinal di Stadion Moses Mabhide, Durban, Kamis (8/7) dini hari WIB. Satu-satunya gol kemenangan Spanyol dijaringkan Carles Puyol.

Kemenangan ini membuat Spanyol menggoreskan sejarah baru untuk pertama kalinya tampil di partai puncak Piala Dunia. Spanyol dengan demikian akan berhadapan dengan Belanda, yang juga belum pernah menyabet gelar juara, di Stadion Soccer City, Johannesburg, Senin (12/7) dini hari WIB.

Ketika babak pertama berjalan empat menit seorang penonton memasuki lapangan dan sempat menghentikan permainan. Setelah pihak keamanan mengamankan si penonton nekat itu, Spanyol memiliki peluang pertama ketika David Villa menerima umpan terobosan yang bisa diantisipasi kiper Manuel Neuer.

Spanyol mengontrol jalannya permainan begitu babak pertama dimulai. La Furia Roja dominan dalam penguasaan bola dan mengendalikan tempo permainan. Pertandingan sempat tertunda sebentar karena seorang penonton memasuki lapangan. Dua menit kemudian peluang pertama dimiliki Spanyol. David Villa yang menerima umpan terobosan bisa digagalkan kiper Jerman Manuel Neuer.

Spanyol terus memegang kontrol permainan dan mengancam lewat tendangan Xabi Alonso yang arahnya belum sempurna. Sebuah peluang Jerman datang di menit ke-32 ketika Piotr Trochowski melepaskan tendangan spekulasi di menit ke-32. Bola mengarah ke pojok bawah, tapi bisa dihalau kesigapan Iker Casillas yang hanya menghasilkan sepak pojok.

Di babak kedua Spanyol kembali memegang kendali permainan. Di lima menit pertama, Alonso dua kali menghujani gawang Jerman dengan tendangan dari luar kotak penalti yang arahnya tidak tepat pada sasaran. Di menit ke-55 tendangan Villa melebar. Peluang terbaik Jerman hadir di menit ke-69. Lukas Podolski yang mengirim umpan ke tiang jauh disambut Toni Kroos yang masuk sebagai pemain pengganti. Lagi, Casillas bisa meredam.

Empat menit kemudian atau tepatnya menit ke-73 gawang Jerman bergetar. Puyol yang ikut naik untuk menyongsong sepak pojok menyundul umpan Xavi. Bola deras menghujam gawang tanpa bisa dihalau Neuer. Spanyol memimpin 1-0. Jerman keluar menyerang, tapi tidak ada berhasil menciptakan gol hingga pertandingan usai meski pelatih Joachim Loew menambah jumalh penyerang dengan mengaktifkan Mario Gomez.

Di menit ke-82, Spanyol memiliki peluang emas untuk menggandakan kemenangan lewat serangan balik . Sayang Pedro Rodriguez terlalu egois. Hasilnya mungkin akan lain jika ia mengirim umpan kepada Fernando Torres yang berdiri bebas.

Susunan pemain:
Jerman: Manuel Neuer; Philipp Lahm, Arne Friedrich, Per Mertesacker, Jerome Boateng (Marcell Jansen 52); Sami Khedira (Mario Gomez 81), Bastian Schweinsteiger; Piotr Trochowski (Toni Kroos 62), Lukas Podolski, Mesut Ozil; Miroslav Klose.
Spanyol: Iker Casillas; Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila; Xabi Alonso (Carlos Marchena 90), Xavi, Sergio Busquets; Andres Iniesta, Pedro (David Silva 86); David Villa (Fernando Torres 82).
Wasit: Viktor Kassai

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik