Selasa, 06 Juli 2010

6 Cara Cerdas Bertahan Hidup Setelah PHK


Kehilangan pekerjaan mungkin merupakan salah satu hal terburuk dalam hidup Anda. Pengangguran seringkali memunculkan pertanyaan-pertanyaan seperti: bagaimana Anda dapat membayar tagihan, ke mana Anda akan bekerja kemudian.

Jangan berputus asa karena perlu Anda ketahui bahwa situasi ini sangat umum dihadapi banyak orang, sehingga Anda pun juga harus bisa bertahan hidup sampai batas waktu yang tidak (bisa) ditentukan. Berikut ini adalah cara cerdas bertahan hidup tanpa pekerjaan:

1. Segeralah Mulai Mencari Pekerjaan.
Melalui berbagai macam cara, mulai dari kembali berlangganan Koran, mengunjungi kampus almamater, browsing di internet sampai dengan menghubungi teman-teman lama Anda. Bukalah jaringan seluas-luasnya.

2. Segeralah Menyusun Rencana Keuangan.
Tidap perlu Anda berpikir tentang anggaran yang ada, karena faktanya: Anda harus tetap membayar tagihan Anda, Anda harus membeli kebutuhan sehari-hari dan seterusnya. Maksimalkan sedikit uang yang masih Anda miliki tersebut, dengan mulai membuat daftar semua pengeluaran Anda dan semua sumber pendapatan Anda.

Selain itu, buat pula daftar tempat-tempat di mana Anda seringkali membelanjakan uang Anda untuk hal-hal yang tidak penting, dan rencanakan untuk ‘menghapuskannya’ dari hidup Anda.

3. Jauhi Hal-hal Yang Berbau Kredit.
Ini termasuk kartu kredit maupun pinjaman kredit rumah. Simpan kartu kredit Anda untuk keperluan-keperluan yang sangat mendesak dan mutlak saja.

Karena saat ini repayment capacity Anda sangatlah kecil. Lupakan hal-hal yang berbau ‘kemewahan’ dalam hidup Anda sekarang ini.

4. Bergantung Pada Keluarga dan Teman-Teman.
Bergantung pada keluarga disini bukan berarti Anda menggantungkan hidup sepenuhnya pada mereka, namun ‘bergantung’ disini lebih mengarah pada kemungkinan tersedianya jaringan dan peluang kerja bagi Anda serta dukungan emosional ketika Anda merasa mengalami masa-masa berat tersebut.

Walaupun kadangkala mereka juga akan menawarkan bantuan yang bersifat materi pada Anda, jangan langsung Anda terima, namun pertimbangkanlah terlebih dahulu.


5. Manfaatkan Tabungan Anda.
Mudah-mudahan Anda sudah memilikinya sebagai dana untuk berjaga-jaga, dan sekaranglah saat untuk menggunakannya. Keadaan seperti ini, bertahan hidup tanpa pekerjaan sangat memenuhi syarat untuk menggunakan cadangan dana Anda tersebut.

Namun, jika Anda tidak memiliki tabungan satu sen pun, ambilah hal ini sebagai pelajaran berharga, dan mulailah menambung ketika Anda telah memperoleh pekerjaan kembali.

6. Pertimbangkan Pekerjaan Paruh Waktu (Part Time Job).
Pekerjaan paruh waktu atau mungkin magang, akan membuat Anda selalu sibuk sehingga mengurangi tekanan psikis dan depresi, karena merasa diri tidak berguna dan tidak produktif.

Selain itu, pekerjaan paruh waktu kadangkala akan membuka peluang sebagai pegawai tetap, atau setidaknya menunjukan pada perusahaan lain –ketika mengajukan lamaran- kalau Anda rajin dan tidak suka berpangku tangan.
Sumber: http://adrian-and-me.blogspot.com/2010/03/6-cara-cerdas-bertahan-hidup-setelah.html

:http://alisalvation.blogspot.com/2010/06/6-cara-cerdas-bertahan-hidup-setelah.html

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik