Selasa, 06 Juli 2010

15 Tips Belanja Via Internet

http://justzhaa.files.wordpress.com/2009/10/belanja.jpg

1. Lakukan Transaksi di Situs yg Terbukti Keamanannya

Situs bisa disebut aman jk memakai teknologi enkripsi utk mentransfer informasi dari kompi pengguna ke kompi penjual. dgn enkripsi, informasi penting seperti nomor kartu kredit bisa diamankan dgn kode tertentu utk mencegah pencurian.

Indikasi situs yg aman salah satunya adalah Anda harus melihat 'https:/" di alamat situs. Adanya 's' di sini berarti situs tersebut bisa dikategorikan ckp aman. Biasanya, tanda 's' ini tak akan muncul sampai Anda mengakses halaman order barang dlm situs.

2. Selidiki Reputasi Situs

Situs e-commerce terpercaya setdknya menyertakan nomor telepon yg bisa dihubungi utk pelayanan konsumen / utk memesan barang. Cari tahu jg bgm reputasi perusahaan dlm melayani konsumennya, misalnya dgn mencari informasinya lewat Google. jk kebetulan Anda baru pertama x membeli lewat situs, pesan barang yg murah terlebih dahulu utk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya.

3. Baca Kebijakan Privasi dan Keamanan Situs

Setiap situs e -commerce terpercaya pny informasi ttg bgm sebuah transaksi perdagangan akan diproses dlm kebijakan privasi dan keamanannya. Perhatikan seksama informasi ini agar Anda tdk dirugikan. Meski dmk, tak bisa dijamin kebijakan ini sll diberlakukan dgn baik. krn itu, sll berhati-hatilah dlm bertransaksi.

4. Cari Cara Transaksi Teraman

Pilihlah cara transaksi yg aman. Direkomendasikan utk memakai kartu kredit saja daripada model-model transaksi lainnya.

5. Hanya Tulis Data yg Diperlukan

Ketika memesan barang, terdapat informasi pribadi yg harus disertakan seperti nama dan alamat Anda. Seringx Anda diminta memberi informasi lainnya seperti pendapatan bulanan yg bisa disalahgunakan, misalnya utk mengirimkan spam. Hari ini
i-dus.com bertemakan tentang"15 Tips Belanja via Internet
.krn itu, pastikan Anda hanya menuliskan data yg diperlukan saja dlm proses transaksi. Ingat sll bhw pencurian data pribadi marak di internet.

6. Jaga Baik-baik Password Anda

Beberapa situs mengharuskan pengguna login dgn password sebelum memesan barang. Jaga baik-baik kerahasiaannya dan gunakan password yg sukar teridentifikasi.

7. Print Pesanan Anda

Direkomendasikan utk mencetak halaman situs yg mengkonfirmasi seluruh hal mengenai pesanan Anda seperti harga barang, informasi produk / nomor pesanan. dmk jg dgn informasi yg dianggap penting seperti Kebijakan Keamanan Perusahaan. Hal ini utk berjaga-jaga dari kmgkn penipuan.

8. Perhatikan bgm Cara Pesanan Anda akan Dikirimkan

Biasanya, barang Anda dijanjkn akan datang dlm periode waktu tertentu. Perhatikan informasi bgm cara perusahaan menangani kendala jarak / masalah pembayaran pengantaran barang. Perhatikan pula apakah barang Anda digaransi / bisa dikembalikan jk terdapat cacat. jk terdapat hal-hal yg mencurigakan / tdk masuk akal, Anda bisa mempertimbangkan utk beralih ke situs e-commerce yg lain.

9. Gunakan Piranti Lunak Keamanan Berbayar yg Lengkap dan Up-to-date

Carilah piranti lunak keamanan yg bukan hanya memberikan perlindungan dasar dari virus dan spyware, tapi jg membantu mendeteksi serangan berbahaya sebelum terjadi. Saat ini, sudah tdk ckp lagi mengandalkan solusi antivirus sederhana, namun jg harus ada firewall dua-arah, enkripsi password, toolbar anti-phishing dan update yg berkala.

Piranti lunak keamanan Anda harusnya mengandung fitur terbaru teknologi berbasis reputasi yg mampu mendeteksi malware dan melampaui kemampuan solusi keamanan tradisional. jg sll periksa layanan keamanan seperti Norton Safe Web yg memiliki komunitas pengguna web yg saling bergotong-royong melaporkan situs penipuan dan program jahat.

10. Belanja di Situs dgn SSL

Belanja online adalah cara yg menyenangkan utk menghemat waktu dan uang. Anda tak perlu membawa mobil ke mall dan tak usah mencari pengasuh utk menjaga anak-anak di rumah!

Lebih dari itu, Anda bisa membandingkan dari lusinan, / bahkan ratusan, toko dan penjual online utk mencari penawaran istimewa, harga termurah, gratis pengiriman dan diskon. Belanja online pun saat ini sudah aman, selama Anda berhati-hati dan tahu caranya.

Pertama, yakinkan Anda hanya melakukan belanja di situs / penjual online yg menawarkan transaksi aman. Beberapa situs menampilkan label 'certified secure' dgn logo / sertifikat online yg muncul di situs / saat Anda hendak membayar. Sertifikat yg bisa dipercaya, dikeluarkan oleh beberapa organisasi seperti Verisign. DigiCert dan Go Daddy.

Apa artinya sertifikat itu? Ini berarti situs tersebut menggunakan keamanan Secure Sockets Layer (SSL).

Selain sertifikat yg disebut sebelumnya, situs lain yg menawarkan transaksi via SSL kadang hanya menyebutkan 'Secure Transaction' / 'We offer Secure Sockets Layer (SSL) technology' diimbuhi dgn gambar gembok.

jk tempat Anda berbelanja tak menawarkan SSL, sebaiknya Anda mencari tempat belanja lainnya.

11.. Waspadai Phishing dan Pharming

Sudah tahu apa istilah phishing dan pharming? jk belum, mari kita berkenalan. Kedua istilah itu mengacu pada teknik penipuan online utk mencuri informasi keuangan pribadi seperti nomor kartu kredit.

Phishing adalah email penipuan yg seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank / perusahaan kartu kredit. Email ini mungkin mengajak Anda utk melakukan berbagai hal -- misalnya memverifikasi informasi kartu kredit, meng-update password dan lainnya.

Harus dipahami bhw perusahaan yg sah tdk akan melakukan hal itu melalui email. jk Anda menerima email dgn permintaan semacam itu, hapus saja!

Nah, yg agak lebih sulit utk dideteksi adalah Pharming. Ini mengacu pada sebuah halaman web palsu yg dibuat oleh penipu sehingga mirip halaman akhir dari sebuah situs belanja.

jk Anda mengklik checkout, Anda akan dibawa pada halaman milik sang penipu dan diminta utk memasukkan data-data pribadi.

Cara paling baik utk melindungi diri dari Phishing dan Pharming, adalah dgn memiliki piranti lunak keamanan yg ter-update. Misalnya, Norton Internet Security 2010 / Norton 360.

Sebagai tambahan, pastikan Anda mengetikkan secara manual halaman web toko online di browser Anda. Jangan mengklik lewat tautan yg ada di email / tempat lain.

12. Berbelanjalah di Tempat Ramai

Ada banyak sex tempat utk belanja online, bgm cara mencari yg terbaik? utk pusat perbelanjaan, Anda mungkin bisa minta saran dari teman. Di dunia online, hal serupa bisa terwujud lewat rekomendasi online pula.

Ada sejumlah situs besar --termasuk Google, Yahoo, MSN, Amazon dan CNET-- yg menyediakan layanan pencarian dan akses ke berbagai situs berbelanja terpercaya. Selain berguna utk membanding-bandingkan, setiap situs itu jg memiliki sistem rating berdasarkan kepuasan pembeli.

Bahkan, ada jg situs yg menyediakan review dari sesama pengguna. Sehingga, Anda bisa tahu situs belanja mana yg mengantarkan barang dgn baik, tepat waktu dan tepat barang, serta bgm mereka menangani pengembalian barang.

Nah, jk Anda pny pusat perbelanjaan (dlm arti fisik) yg jadi tempat favorit, berbelanjalah di situsnya. Nyaris semua toko besar saat ini sudah menyediakan layanan online.

13. Kredit, Jangan Debit

Ini satu tips belanja online yg patut didengarkan: gunakan kartu kredit, bukan kartu debit. Lho, kenapa? krn kartu kredit biasanya sudah dilengkapi dgn perlindungan terhadap penipuan, kiriman yg hilang dan barang yg rusak serta berbagai masalah lainnya. Pastikan penyedia kartu kredit Anda menawarkan hal itu.

Masalah utama dari kartu debit, jk digunakan online, adalah bhw kartu itu merupakan sambungan langsung ke rekening bank Anda. jk penipu berhasil mencuri nomor kartu kredit mereka, bencana yg timbul mungkin tak terlalu besar. Tapi baygkan jk yg bobol adalah kartu debit Anda..

Rekening tabungan bertahun-tahun bisa ludas dilahap para pencuri. Anda bisa kepayahan menutupi kekacauan itu sementara masih banyak tagihan yg harus dibayarkan. Jadi, percayalah, gunakan kartu kredit saja utk belanja online!

14. Perhatikan Hal-Hal Kecil

Ada beberapa hal lain yg harus diperhatikan saat belanja online:
• Privacy Statements (Pernyataan soal kerahasiaan data) — periksa dan baca dulu kebijakan penjual online soal data pribadi Anda sebelum melakukan pembelian. Pastikan mereka tak akan menjual informasi pribadi pada pihak lain.
• Return Policies (Kebijakan soal pengembalian barang) — Hal semacam ini lebih penting di belanja online ketimbang di dunia fisik. Baju hangat yg nampak berwarna biru laut di layar monitor bisa jadi akan terlihat biru tua saat sampai di tangan Anda. Akankah toko menerima pengembalian semacam ini? Adakah biaya terkait hal itu? Cari tahu sebelum Anda membeli.
• Terms of Agreement (Kesepakatan) — jk pembelian melibatkan layanan online, seperti paypai, pastikan Anda memahami bhw layanan itu jg akan melindungi Anda dari hal-hal buruk.
• Gift Cards (Voucher Hadiah) — Saat ini makin hadiah dlm bentuk voucher makin disukai dan banyak membantu saat belanja di waktu yg sempit. Pastikan Anda mengetahui kebijakan dari setiap kartu. Beberapa perusahaan bahkan memiliki biaya bulanan / tanggal kadaluwarsa utk voucher belanja, yg membuat kertas itu hanya menjadi selembar kertas belaka jk tak segera digunakan.

15. Anak-Anak dan Belanja Online

Kebanyakan anak-anak saat ini sangat yakin dgn dunia online sehingga merasa tahu segalanya. Ketahuilah bhw, para penipu lebih tahu lagi.

jk Anda membiarkan anak-anak belanja online, jangan lemparkan akal sehat Anda. Anak-anak remaja harus diberitahu hal-hal penting seputar belanja online, termasuk berapa anggarannya dan di mana tempat belanja. Anak-anak yg lebih muda lagi harus diawasi oleh orang dewasa saat belanja.
:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4598253

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik