Jumat, 21 Mei 2010

Jangan Terlalu Banyak Duduk

Kebanyakan Duduk, Kanker Prostat Mengintai


Stockholm – Hati-hati bagi pria yang sering duduk atau punya profesi yang menuntut duduk terus di depan meja. Peneliti Swedia mengatakan bahwa pria yang menghabiskan waktunya duduk seharian bersiko terkena kanker prostat hingga 30 persen.

Dibanding pekerja aktif yang lebih banyak bekerja di lapangan, peneliti dari Karolinska Institute, Swedia mengatakan bahwa pria dengan tipe pekerjaan di depan meja lebih banyak yang terkena kanker prostat.

Dalam studi yang melibatkan 45.000 pria berusia 45 hingga 79 tahun itu, diketahui bahwa pria yang duduk selama setengah dari jam kerjanya sehari, hanya berisiko terkena kanker prostat sebanyak 20 persen. Hasil studi ini dimuat dalam British Journal of Cancer.

Olahraga diketahui bisa mengurangi kanker prostat akibat pengaruh buruk dari sering duduk. Berjalan kaki atau berkeliling selama 60 menit atau lebih dalam sehari bisa mengurangi risiko kanker prostat hingga 14 persen daripada mereka yang hanya berjalan kaki selama 40 menit atau kurang.

Meskipun belum diketahui secara pasti efek olahraga untuk mengurangi risiko kanker prostat, tapi peneliti beranggapan bahwa hal itu ada hubungannya dengan hormon testosteron yang bisa melawan kanker.

"Penemuan ini ingin mengingatkan pria untuk setidaknya berjalan kaki dan tidak duduk terus di depan meja, walaupun profesi mereka menuntut hal itu. Dengan tidak sering duduk selama bekerja bisa mengurangi risiko kanker prostat," ujar seorang peneliti, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (29/10/2009).

Selain olahraga, beberapa studi sebelumnya menyarankan diet makanan dengan memperkaya buah dan sayuran jika pria ingin terhindar dari kanker yang menyebabkan kelenjar prostat pria membengkak dan tumbuh tidak normal. Makanan anti kanker prostat seperti tomat, brokoli dan kedelai sangat baik untuk mencegah dan melawan kanker prostat.

Dr Helen Rippon, dari the Prostate Cancer Charity menyarankan agar pria lebih aktif bergerak setidaknya satu jam dalam sehari. "Minimal luangkan waktu satu jam untuk bergerak. Tidak perlu tiap hari ke tempat fitness, cukup berjalan kaki dan berkeliling, itu saja sudah baik," jelas Rippon.

0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik