Rabu, 13 Januari 2010

Gerhana Matahari Tanggal 15 Januari 2010, Ternyata Adalah Gerhana Yang Terlama Sepanjang Millenium

http://orangmiskin.files.wordpress.com/2008/08/gerhana.jpg


Jakarta - Dua gerhana terjadi pada Januari 2010. Setelah gerhana Bulan pada 1 Januari 2010 dinihari, gerhana Matahari terjadi 14 hari setelahnya. Fenomena ini bisa disaksikan masyarakat Indonesia di wilayah tertentu.

Informasi ini disampaikan oleh peneliti utama astronomi dan astrofisika Lemabaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaludin, pada detikcom, Senin (28/12/2009).

Gerhana Matahari pada 15 Januari merupakan gerhana cincin (annular), namun di Indonesia yang tampak adalah gerhana sebagian (parsial). Akibatnya hanya kawasan tertentu di Indonesia saja yang bisa menyaksikannya.

15 Januari akan menjadi hari munculnya gerhana matahari pertama pada tahun ini. Bahkan peristiwa ini akan menjadi gerhana terlama sepanjang millenum ini.


http://arifkurn.files.wordpress.com/2009/01/solar-eclipse-turkey10.jpg

"Gerhana kali ini tidak hanya peristiwa pertama yang akan terjadi tahun 2010 ini, tapi juga akan menjadi gerhana terlama sepanjang millenium ketiga ini. Di India sendiri gerhana ini akan berlangsung pukul 11.00 pagi hingga pukul 15.00 sore," ujar Asosiasi Astronom Ajay Talwar, seperti dikutip melalui Space Daily, Senin (11/1/2010).

"Gerhana cincin itu hanya melintas di Afrika bagian selatan, India, Thailand dan China. Di Indonesia, di Sumatera, Kalimantan, Jawa bagian barat dan tengah serta Sulawesi bagian utara," ujarnya.

http://dhartodar.files.wordpress.com/2009/01/gerhana-matahari-cincin.jpg

Gerhana Matahari ini terlihat pada sore hari. "Di Indonesia tergantung wilayahnya, baru ada sekitar pukul 3 - 4 sore. Di Indonesia Tengah sekitar pukul 4 hingga 5 sore," terang Thomas.

Penampakan gerhana Matahari di masing-masing wilayah Indonesia juga berbeda-beda. Di Jawa penampakan hanya mencapai sekitar 10 persen, di Kalimantan sekitar 5-20 persen, di Sulawesi hanya 0-7 persen.

"Sumatera mencapai 10-60 persen, yang paling baik di Aceh sekitar 60 persen," tutupnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Teruslah anda berkomentar. Dengan berkomentar di KomputerUnik anda bisa menjadi pelanggan terbaik ..

Jangan Komentar yang mengandung SARA yah.....

KomputerUnik in Facebook

Pengikut

 
Di Edit Ku Aditiyo Eka Nugraha | KomputerUnik | Terima kasih kepada semua pendukung KomputerUnik